3 Yohanes 1:4 (Bagiku Tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.)

Sabtu, 14 Juli 2012

Yahoo dan Facebook akhirnya berdamai atas masalah hak paten


Setelah dalam beberapa bulan kebelakang saling menuntut ke pengadilan atas tuduhan pelanggaran hak paten[1][2], akhirnya Yahoo dan Facebook sepakat untuk mengakhiri persengketaan tersebut.


Dikutip InfoTeknologi dari Facebook newsroom, diberitakan bahwa keduanya sepakat untuk membatalkan semua tuntutan hukum dan melakukan cross-license patent yang mereka miliki.


Dimana dengan adanya cross-license patent, baik Yahoo ataupun Facebook dapat menggunakan hak paten yang dimiliki keduanya tanpa perlu membayar ke salah satu pihak.


Dan meski dalam press releasenya tidak disebutkan sama sekali nilai ganti rugi / perjanjian kontrak, namun tampaknya salah satu hal yang membuat Yahoo setuju untuk menandatangani perjanjian tersebut adalah adanya kesepakatan tambahan bahwa Facebook dan Yahoo akan bekerjasama dalam hal premium advertising yang dapat mendongkrak pendapatan Yahoo yang sedang stagnan.


Perdamaian antara Yahoo dan Facebook bisa dibilang sesuatu yang wajar mengingat bila tuntutan hukum dilanjutkan akan sangat memakan waktu lama dan memakan biaya yg tidak sedikit.


Alasan lainnya adalah tidak menjabatnya lagi Scott Thompson sebagai CEO Yahoo yg tentu saja sangat membantu tercapainya perjanjian damai ini, karena dari awal dialah orang yg pertama kali memulai perang paten dengan Facebook.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar